Lubis, Iskandar (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD ISLAM AL ULUM TERPADU – MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. JUDUL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif ispring suite dibandingkan dengan yang menggunakan media pembelajaran microsoft office power point 2013, mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dibandingkan dengan yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, dan interaksi antara hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran berbasis komputer (ispring suite dan microsoft office power point 2013) dan kemampuan berpikir kreatif.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan T.P. 2015/2016 menggunakan analisis varians dua jalur dengan metode quasi eksperimen dan desain faktorial 2x2 pada taraf signifikansi α = 5%. Uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas dengan uji F dan uji Barlett dilanjutkan dengan uji Scheffe karena data pada setiap sel berbeda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mengambi seluruh populasi (30 orang siswa) sebagai sampel penelitian. Sebelum perlakuan, sampel diberikan instrumen untuk membedakan kemampuan berpikir kreatif. Setelah perlakuan, sampel diberikan tes hasil belajar Bahasa Indonesia yang telah divalidasi dan dihitung reliabilitasnya melalui uji coba terhadap kelas yang bukan kelas perlakuan.
Temuan penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif ispring suite terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan Fh (15,94) > Ft (4,01) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=59. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif ispring suite lebih tinggi (X= 52,83) daripada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang menggunakan media pembelajaran microsoft office power point 2013 (X= 14,02). Ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan Fh (437,99) > Ft (4,01) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=59. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memeroleh hasil belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi (X=11,2) dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah (X= 4,5). Interaksi antara media pembelajaran berbasis komputer dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, sebesar Fh (57,35) > Ft (4,01) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=59. Hasil uji Scheffe menunjukkan kelompok siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi memeroleh hasil belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi jika menggunakan media pembelajaran interaktif ispring suite. Kelompok siswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah memeroleh hasil belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi jika menggunakan media pembelajaran power point 2013. Rata-rata skor hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi yang menggunakan media pembelajaran interaktif ispring suite lebih tinggi daripada menggunakan media pembelajaran power point 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Lub p |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Komputer; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 02:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6905 |