Hutabarat, Debora Junike Agape (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN MARDINGDING KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.
1Cover.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
2Pengesahan.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4K.Pengantar.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
5Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
6Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9BAB I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
14Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran SQ3R (Survey, Questions, Read Recite, and Review) dan strategi pembelajaran DRTA (Directed, Reading, Thinking Activity), (2) mengetahui perbedaan hasil belajar membaca antara siswa yang memiliki gaya brpikir Divergen dan gaya berrpikir Konvergen, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178 orang kelas VIII yang berasal dari SMPN 3 dan SMPN 2 Mardingding Kabupaten Karo. Sedangkan sampel berjumlah 70 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan dilaksanakan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan angket gaya berpikir untuk membedakan gaya berpikir yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujikan sebanyak 36 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher dan Bartlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar membaca siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran SQ3R lebih tinggi dibandingkankan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran DRTA. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 5.94 > 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,66); (2) Siswa yang memiliki gaya berpikir Divergen memperoleh hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir Konvergen. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 46.56 > 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = (1,66): (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar membaca. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 16.11 > 3.99 pada taraf signifikansi α =. 0,05 dengan dk = (1,66). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran SQ3R lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran DRTA untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris dari siswa SMPN 3 dan SMPN 2 Mardingding. Kemudian siswa yang mempunyai gaya berpikir Divergen memperoleh rata-rata hasil belajar membaca pemahaman bahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai gaya berpikir Konvergen. Dengan demikian diharapkan para guru hendaknya berusaha menggunakan strategi pembelajaran SQ3R untuk pembelajaran membaca pemahaman bahasa Inggris agar hasil belajar siswa lebih meningkat. Bila gaya berpikir diketahui, maka strategi pembelajaran SQ3R lebih baik digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir Divergen dan strategi pembelajaran DRTA lebih baik digunakan pada siswa yang memiliki gaya berpikir Konvergen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.47 Hut p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Bahasa inggris; Gaya berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 08:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6889 |