Andryani, Lia (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN SEJARAH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X SMA PAB 8 SAENTIS DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1_COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2_LEMBAR PENGESAHAN,PERSETUJUAN,PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3_ABSTRAK INDONESIA, INGGRIS.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
5_DAFTAR ISI,.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9_Lia-tesis-bab satu.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
13_Lia-tesis-bab lima.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14_Lia-tesis-daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis CTL pada mata pelajaran Sejarah layak digunakan dan mudah; dan (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis CTL yang dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan di SMAPAB 8 Saentis Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian adalah model pengembangan Bord dan Gall dengan desain pembelajaran Model Dick dan Carey, meliputi: melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain software, pengumpulan bahan, membuat dan memproduksi produk, uji lapangan produk,dan uji keefektifan produk. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas X. Untuk pengembangan produk menggunakan 2 orang ahli desain pembelajaran, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli perangkat lunak, 3 orang siswa uji coba satu-satu, dan 9 orang siswa kelas kelompok kecil. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (2,01 > 1,69) yang menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan berarti antara hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan rata-rata hasil belajar sejarah siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dapat diterima dan teruji kebenarannya. Keefektifan multimedia pembelajaran interaktif sebesar 63,44% dan keefektifan pembelajaran dengan media pembelajaran powerpoint sebesar 57,25%. Dengan demikian nilai keefektifan multimedia pembelajaran interaktif lebih tinggi dari nilai keefektifan pembelajaran dengan media pembelajaran powerpoint yaitu sebesar 6,19%. Hasil penelitian menyarankan guru untuk membuat dan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif untuk pembelajaran sejarah sesuai tuntutan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 And p |
Keywords: | Belajar sejarah; Media pembelajaran; Macromedia flash |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 07:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6885 |