PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA PARULIAN 1 DAN SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN

Manurung, Pesta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA PARULIAN 1 DAN SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136121022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136121022 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136121022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136121022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136121022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136121022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136121022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136121022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136121022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136121022 TABLES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136121022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136121022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136121022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136121022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136121022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136121022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136121022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136121022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136121022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh hasil belajar Ekonomi lebih tinggi dibanding kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, (2) hasil belajar Ekonomi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah (3) interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasn interpersonal siswa terhadap hasil belajar Ekonomi.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 1 dan SMA Swasta Parulian 2 Medan. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa yang terdiri dari 38 siswa kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 1 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan 40 siswa kelas XI IPS SMA Swasta Parulian 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 soal dengan koefisien reliabilitas 0,889 sedangkan untuk mendapatkan data tentang kecerdasan interpersonal siswa digunakan instrumen yang telah diuji kevalidtannya. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah ( = 30.09 ) lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung ( = 27.58) dengan Fhitung = 15.22 > Ftabel = 3.96 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi ( = 29.97 ) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah ( = 26,91) dengan Fhitung = 5.25 > Ftabel = 3.96 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar Ekonomi dengan Fhitung = 8.17 > Ftabel = 3.96
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi adalah model pembelajaran berbasis masalah sedangkan siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah, model yang tepat digunakan adalah model pembelajaran langsung. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Ekonomi yaitu dalam penerapan model pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kecerdasan interpersonal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Man p
Keywords: Model pembelajaran; Kecerdasan interpersonal; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:32
Last Modified: 26 Jul 2016 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item
View Item