Dalimunthe, Marlina Sari (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. persetujuan tesis, lembar pengesahan, dan persetujuan tidak plagiat.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. ABSTRAK indo dan ing.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 216 siswa yang terdiri dari 6 kelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, sedangkan sampel berjumlah 72 siswa yang diambil dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar IPS dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 35 butir soal, lembar tes gaya berpikir siswa sebanyak 15 item. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dengan Lilifors dan uji homogenitas dengan Fisher dan Barlett .
Hasil pengujian hipotesis diperoleh : (1) hasil Belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,65 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 9,38 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 58,73 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68)
Dari hasil análisis data disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Dal p |
Keywords: | Hasil belajar; IPS; Gaya berpikir; Strategi pembelajaran; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 02:52 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6855 |