PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Dalimunthe, Marlina Sari (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. persetujuan tesis, lembar pengesahan, dan persetujuan tidak plagiat.pdf]
Preview
Text
2. persetujuan tesis, lembar pengesahan, dan persetujuan tidak plagiat.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK indo dan ing.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK indo dan ing.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit. (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 216 siswa yang terdiri dari 6 kelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, sedangkan sampel berjumlah 72 siswa yang diambil dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar IPS dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 35 butir soal, lembar tes gaya berpikir siswa sebanyak 15 item. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dengan Lilifors dan uji homogenitas dengan Fisher dan Barlett .
Hasil pengujian hipotesis diperoleh : (1) hasil Belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,65 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 9,38 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68); (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 58,73 > Ftabel = 3,98 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk (1.68)
Dari hasil análisis data disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Dal p
Keywords: Hasil belajar; IPS; Gaya berpikir; Strategi pembelajaran; Pembelajaran kooperatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2016 02:52
Last Modified: 26 Jul 2016 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6855

Actions (login required)

View Item
View Item