PENGEMBANGAN BAHAN AJAR OPTIK GEOMETRI BERBASIS INKUIRI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA STKIP TAPANULI SELATAN PADANGSIDIMPUAN

Nasution., Rahmah Hayati (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR OPTIK GEOMETRI BERBASIS INKUIRI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA STKIP TAPANULI SELATAN PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 cover.pdf]
Preview
Text
1 cover.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESHANA.pdf]
Preview
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESHANA.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 4 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 8 BAB I.pdf]
Preview
Text
8 BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 12 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 13 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul optik geometri berbasis inkuiri untuk mahasiswa pendidikan fisika STKIP Tapanuli selatan Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan bahan
ajar optik geometri berbasis inkuiri untuk mahasiswa pendidikan fisika STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pengembangan model Borg and Gall dan pengembangan modul merujuk pada Dick and Carey. Tahapan penelitian ini adalah tahap analisis
kebutuhan, tahap perancangan modul (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap uji coba (validasi). Ujicoba dilakukan pada mahasiswa Semester VI Pendidikan Fisika STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Uji ahli materi pelajaran optik geometri berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan (89,06%), ((2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan
(92,18%), (3) Penilaian dosen fisika berada pada kriteria sangat baik (89,50%), (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (82,95%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik (85,98%), (6) Uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (86,00%), (7) Bahan ajar optik geometri berbasis inkuiri untuk mahasiswa pendidikan fisika STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan sangat efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan mahasiswa setelah perkuliahan dengan menggunakan bahan ajar modul ini tuntas karena ≥ 80% dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya aktivitas yang positif dari mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Nas p
Keywords: Bahan ajar modul; Modul gelombang; Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2016 08:31
Last Modified: 25 Jul 2016 08:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item
View Item