Banngun, Elisa Junita (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING DENGAN MIFIKASI ALAT MENGGUNAKAN MEDIA BAMBU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BARUS JAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6111511014_COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 6111511014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM. 6111511014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 6111511014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 6111511014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 6111511014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 6111511014_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 6111511014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 6111511014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. NIM. 6111511014_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
15. NIM. 6111511014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar lembing melalui pembelajaran yang dimodifikasi menggunakan media lembing bambu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barusjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif ( nilai hasil belajar siswa ). Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriftif. Misalnya mencari nilai rata-rata, persentase keberhasilan belajar, dan lain-lain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra dan putri kelas VIII SMP Negeri 2 Barusjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang kemudian dianalisis dengan cara deskriftif secara persentase.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar lempar lembing pada siklus I sebesar 13 siswa tuntas atau 61,90 %, dengan nilai rata-rata 73,80 kemudian meningkat menjadi 18 siswa tuntas atau 85,71% dengan nilai rata-rata 86,30pada siklus II. Ini bermakna hasil belajar lempar lembing yang dimodifikasi menggunakan media lembing bambu dari siklus I sampai ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,81 %.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran lempar lembing yang dimodifikasi menggunakan media lembing bambu dapat meningkatkan hasil belajar lempar lembing siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barusjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKR 011 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani;Atletik;Modifikasi Menggunakan Media Bambu |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 04:51 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6821 |