Gulo, Adventinis Resti (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA YANG INOVATIF DAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7_DAFTAR Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9_BAB I.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14_daftar pustaka new.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui buku penuntun praktikum kimia yang ada pada saat ini di sekolah sudah memenuhi standar BSNP, (2) Untuk mengetahui penuntun praktikum kimia yang inovatif dan interaktif yang telah dikembangkan sudah memenuhi BSNP, (3) Untuk mengetahui penuntun praktikum kimia yang inovatif dan interaktif yang telah dikembangkan sudah memenuhi kelayakan untuk dipergunakan dalam pembelajaran, (4) Untuk mengetahui efektifitas penuntun praktikum kimia yang inovatif dan interaktif yang telah dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia pokok bahasan termokimia. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang guru kimia SMA di kepulauan Nias dan 2 orang dosen kimia Universitas Negeri Medan. Hasil analisis menunjukkan (1) hasil analisis penuntun praktikum penerbit Y menunjukkan bahwa buku penuntun tersebut merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata 3,52 artinya layak untuk digunakan namun perlu untuk dikembangkan, (2) hasil analisis buku penuntun praktikum kimia termokimia yang telah dikembangkan merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata 4,09 artinya sangat layak untuk dipergunakan, (3) tanggapan dosen dan guru terhadap buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran, (4) efektifitas buku penuntun yang dikembangkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi termokimia diperoleh peningkatan sebesar 71% dengan signifikan < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.360 712 Gul a |
Keywords: | Media pembelajaran; Perangkat pembelajaran; Termokimia; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 09:03 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6785 |