batubara, adinda fahriza (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARANTWO STAY TWO STRAY (TSTS) DI KELAS IV SD NEGERI 060821 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1123311002 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM 1123311002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM 1123311002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
NIM 1123311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
NIM 1123311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 1123311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1123311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
NIM 1123311002 GRAFICS.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM 1123311002 APPORAL SHEET.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
NIM 1123311002 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
NIM 1123311002 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM 1123311002 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
NIM 1123311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan modeltwo stay two straydapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV SD Negeri 060821 Medan T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model modeltwo stay two straypada materi bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV SD Negeri 064976 Medan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas IVa SD Negeri 060821 Medan yang berjumlah 38 orang.
Hasil penelitian berdasarkan angket pada kondisi awal mencapai rata-rata 51,81 sebanyak 8 orang siswa (21%) yang termotivasi dalam belajar. Pada siklus I mencapai rata-rata 63,23 sebanyak 21 orang siswa (55%) yang termotivasi dalam belajar. Dan pada siklus II mencapai rata-rata 69,63 sebanyak 32 orang siswa (85%) yang termotivasi dalam belajar. Hal ini diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa kelas IVa di SD Negeri 060821 Medan mengalami peningkatan.
Hasil observasi yang diperoleh pada saat dilakukan tindakan kepada siswa dengan diterapkannya modeltwo stay two straybahwa motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I sebanyak 18 orang siswa (48%) yang tergolong cukup, dan 20 orang siswa (52%) yang tergolong kurang atau memiliki rata-rata 2,10. Sedangkan pada siklus I pertemuan ke II sebanyak 17 orang siswa (45%) yang tergolong baik, 16 orang siswa (42%) yang tergolong cukup, dan 5 orang siswa (13%) yang tergolong kurang atau memiliki rata-rata 2,76. Pada siklus II pertemuan ke I sebanyak 26 orang siswa (68%) yang tergolong baik, dan 12 orang siswa (32%) yang tergolong cukup atau memiliki rata-rata 3,16. Sedangkan siklus II pertemuan ke II sebanyak 21 orang siswa (55%) yang tergolong sangat baik, 12 orang siswa (43%) yang tergolong baik, dan 1 orang siswa (2%) yang tergolong cukup atau memiliki rata-rata 3,92.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan modeltwo stay two stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi pokok bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV SD Negeri 060821 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 046 |
Keywords: | Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6777 |