Pasaribu, Fitri (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap wacana pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas IV SD 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap- tahap yang berupa siklus prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh tes awal menunjukkan kemampuan membaca pemahaman terhadap wacana pelajaran bahasa Inggris terdapat 28 (84,85%) siswa yang masih belum tuntas membaca pemahaman wacana dengan baik sedangkan 5 siswa (15,15%) yang dikategorikan mampu dengan rata- rata 43,64 dan jumlah nilai keseluruhan siswa yaitu 1440. Pada siklus I bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran bahasa Inggris yang diujikan kepada 33 siswa terdapat 14 (42,42%) siswa yang masih belum tuntas membaca pemahaman wacana pelajaran bahasa Inggris dengan baik sedangkan 19 siswa (57,58%) yang dikategorikan mampu dengan rata- rata nilai keseluruhan siswa yaitu 62,58 dan jumlah nilai keseluruhan siswa yaitu 2065. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dari siklus I dan membaca pemahaman siswa terhadap wacana pelajaran bahasa Inggris diujikan kepada 33 siswa terdapat 3 (9,09%) siswa yang masih belum tuntas membaca pemahaman wacana pelajaran bahasa Inggris dengan baik sedangkan 30 siswa (90,91%) yang dikategorikan mampu dengan rata- rata nilai siswa 79,84 dan jumlah nilai keseluruhan siswa yaitu 2635. Untuk hasil observasi kemampuan mengajar guru pada siklus I guru memperoleh rata- rata persentase kemampuan mengajar sebanyak 69,65% dengan kategori cukup. Pada siklus II rata- rata persentase mengajar guru meningkat menjadi 92,85 dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap wacana pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas IV SD 106163 Bandar Klippa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 180 |
Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman; Mind Mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:22 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6771 |