MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD 101759 TANDAM HILIR T.A 2015/2016

rahmadia, wina (2016) MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD 101759 TANDAM HILIR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1123311085_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1123311085_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1123311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1123311085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1123311085_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1123311085_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1123311085_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1123311085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1123311085_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1123311085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1123311085_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1123311085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1123311085_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1123311085_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1123311085_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1123311085_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1123311085_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1123311085_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1123311085_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1123311085_BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1123311085_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1123311085_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1123311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1123311085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran IPS pada materi pokok perkembangan teknologi dapat meningkatkan kecerdasan sosial siswa.tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan Sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri No.101759 Tandam Hilir .
Kecerdasan sosial adalah kemampuan siswa dalam berinteraksi atau menjalin hubungan dengan orang lain baik terhadap suatu kelompok social atau teman yang sebaya. Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dimulai dengan menyelesaikan suatu masalah, tetapi untuk menyelesaikan masalah itu peserta didik memerlukan pengetahuan baru untuk dapat menyelesaikannya
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 101759 tandam hilir tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 1 kelas yaitu 26 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi.
Hasil penelitian denganmenggunakan model pembelajaranproblem based learning padamatapelajaran IPS di kelasIV SD Negeri101759 tandam hilirmenunjukanadanyapeningkatankecerdasan sosialsiswa yang berjumlah26 orang siswa. Dari hasilpre testdiperolehsiswa yang tuntasbelajarsebanyak0 orang (0%) yang tidaktuntassebanyak 26 orang (100%) dengannilai rata-rata kelas35,69%. Setelahdilaksanakansiklus I diperolehsiswa yang tuntaskecerdasan sosial12 orang siswa(46%) yang tidaktuntas14 orang siswa (54%) dengannilai rata-rata kelas59,90. Melihatdarihasilperolehannilaipadasiklus I makaperludilakukantindaklanjutpadapadasiklus II diperolehsiswa yang tuntas 26 orang siswa (100%) yang tidakditemukan siswa yang tidak tuntas (0%) dengannilai rata-rata kelas85,9. Peningkatankecerdasan sosialdarikeadaanawal (pre tes) keseiklus I sebesar24,3% dandarisiklus I kesiklus II sebesar 25,6%. Hasilobservasi guru diperolehpadasiklus I pertemuanpertamadenganmenggunakan model pembelajaranproblem based learning rata-rata 59,90tergolongcukup ceerdastindakansiklus IIpertemuankeduadiperoleh rata-rata nilai85,9tergolong sangat cerdas.
Dari tindakandananalisis yang dilakukandapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajaranproblem based learning padapembelajaranIPSdapatmeningkatkankecerdasan sosialsiswa di kelasIV SD Negeri101759 Tandam hilir TahunAjaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk- 2016 PGSD 044
Keywords: Pembelajaran problem based learning (PBL); IPS ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:15
Last Modified: 22 Jul 2016 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item
View Item