Sari, Putri Junita (2016) INOVASI BAHAN AJAR KIMIA LAMBANG UNSUR DAN PERSAMAAN REAKSI SMK KELAS X SEMESTER I DAN IMPLEMENTASINYA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)Bagaimana tingkat kelayakan bahan ajar kimia SMK kelas X semester I pokok bahasan Lambang unsur dan persamaan reaksi yang ada saat ini telah layak dan sesuai dengan standar isi yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (2) Apakah bahan ajar kimia yang telah dikembangkan untuk SMK kelas X semester 1 pada pokok bahasan lambang unsur dan persamaan reaksi telah layak dan sesuai dengan standar isi yang di tetapkan oleh BSNP (3) Apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa bahan ajar kimia yang telah dikembangkan (4) Apakah terdapat hubungan antara hasil belajar yang merupakan tumbuhkembangnya karakter dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan bahan ajar kimia yang telah dikembangkan. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi penelitin adalah seluruh siswa kelas X SMK. Sampel dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Panyabungan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 orang yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar penerbit A dan B pada pokok bahasan lambang unsur dan persamaan reaksi berdasarkan standar BSNP sudah cukup valid. Namun, ada beberapa yang perlu dilakukan pengembangan. (2) Bahan ajar kimia lambang unsur dan persamaan reaksi yang dikembangkan untuk SMK kelas X semester I telah layak berdasarkan hasil standarisasi kelayakan isi sebesar 3.60, standarisasi kelayakan bahasa sebesar 3.73, standarisasi kelayakan penyajian sebesar 3.70, standarisasi kegrafikan sebesar 3.79 (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa bahan ajar yang telah dikembangkan. (Sig.1-tailed < α (0,008 < 0,05)) (4) Terdapat hubungan antara karakter yang terkembang dengan hasil belajar kimia siswa SMK Kelas X semester I yang diajar dengan bahan ajar kimia lambang unsur dan persamaan reaksi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 719 Sar i |
Keywords: | Karakteristik bahan ajar; Ilmu kimia; Pendidikan karakter; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6763 |