Rahmawati,, Erwina (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066666 KECAMATAN MEDAN DENAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1123111030 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02. NIM 1123111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
03. NIM 1123111030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
04. NIM 1123111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
05. NIM 1123111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
06. NIM 1123111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 1123111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08. NIM 1123111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM 1123111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 1123111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM 1123111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi pokok “Soal Cerita Pecahan”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode problem solving pada materi pokok soal cerita pecahan di kelas IV SD Negeri 066666 Kecamatan Medan Denai T.A 2015/2016”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066666 yang berjumlah 28 orang siswa dengan 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi pokok soal cerita pecahan, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran matematika berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test dari 28 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 5 orang siswa (17,85%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 23 orang siswa (82,14%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 53,75. Meingkat pada siklus I sebanyak 13 orang siswa (46,42%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (53,57%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 66,21. Pada siklus II sebanyak 24 orang siswa (85,71%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 4 orang siswa (14,28%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 77,92. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil observasi siswa dari siklus I dengan nilai rata-rata 62,32 menjadi 75,21 pada siklus II.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Metode Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 066666 Kecamatan Medan Denai T.A 2015/2016”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 023 |
Keywords: | Prblem Solving; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6758 |