dewi, sartika (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SD NEGERI 060843 KEC. MEDAN BARAT T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1123311067 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
NIM, 1123311067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
NIM. 1123311067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 1123311067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
NIM. 1123311067 TABLES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
NIM. 1123311067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
NIM. 1123311067 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
NIM. 1123311067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
NIM. 1123311067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
NIM. 1123311067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
NIM. 1123311067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
NIM. 1123311067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran Matematika materi pengelompokkan bangun datar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika materi pengelompokkan bangun datar dengan model Picture and Picture di kelas II.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 060843 Kec. Medan Barat sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase-persentase pada setiap siklus.
Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa sebanyak 5 siswa (16%) yang termotivasi, 3 siswa (10%) yang cukup termotivasi dan 22 siswa (73%) yang belum termotivasi. Pada Pasca Siklus II sebanyak 26 siswa (87%) sangat termotivasi dan 4 siswa (13%) telah termotivasi pada pelajaran Matematika. Pada Siklus I pertemuan I diperoleh hasil observasi individu sebanyak 3 siswa (10%) tergolong termotivasi, 9 siswa (30%) yang tergolong cukup termotivasi, dan 18 (60%) yang tergolong belum termotivasi. Pada Siklus I pertemuan II sebanyak 8 siswa (27%) telah termotivasi, 10 siswa (33%) yang cukup termotivasi, dan 12 siswa (40%) belum termotivasi. Pada Siklus II pertemuan I, sebanyak 6 siswa (20%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 17 siswa (57%) tergolong telah termotivasi, 6 siswa (20%) tergolong cukup termotivasi dan 1 siswa (3%) yang tergolong belum termotivasi. Pada Siklus II pertemuan II terdapat 18 siswa (60%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 11 siswa (37%) telah termotivasi, dan 1 siswa (3%) cukup termotivasi pada pelajaran Matematika.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika materi pengelompokkan bangun datar di kelas II SD Negeri 060843 Kec. Medan Barat T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 016 |
Keywords: | Model Picture And Picture; Motivasi Belajar ; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 04:10 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6754 |