MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI T.A 2015/2016

nurmiza, rizka (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1123111080_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1123111080_COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1123111080_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1123111080_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1123111080_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1123111080_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1123111080_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1123111080_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1123111080_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1123111080_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1123111080_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1123111080_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1123111080_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1123111080_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1123111080_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1123111080_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1123111080_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1123111080_BAB I.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1123111080_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1123111080_BAB V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1123111080_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1123111080_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyakreativitasbelajarsiswapadapelajaranilmupengertahuanalam (IPA).Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankreativitasbelajarsiswapadapelajaran IPA denganmenggunakan model pembelajarantrefingger.
Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengansubjekpenelitiansiswakelas V-A SDN 101775 Sampali T.A 2015/2016 yang berjumlah26 orang siswa, yang terdiridari10laki-lakidan 16perempuan.Penelitianiniterdiridariduasiklus.Setiap siklusterdiridari 4 tahapanyaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, yaitu observasi kreativitas siswa dan observasi penerapan model treffinger.
Hasilpenelitianmenunjukkandari26 orang siswa yang memiliki kreativitas belajar cukup terdapat 12 orang siswa (46,1%) kriteriakreatif, 10 orang siswa (36,4%) kriteriacukupkreatif, 1 orang siswa (3,84%) kriteriakurangkreatifdan 3 orang siswa (11,5%) kriteriatidakkreatif. Dapat disimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong cukup kreatif dengan nilai rata-rata 46,1%. Sedangkan pada siklus I pertemuan II 17 orang siswa (65,3%) kriteriakreatif, 6 orang siswa (23,07%) kriteriacukupkreatifdan 3 orang siswa (11,5%) kriteriakurangkreatif. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan II kreativitas belajar siswa tergolong kreatif dengan nilai rata-rata 65,3% tetapi kriteria ini belum sesuai dengan harapan. Padahasilobservasipenerapan model pembelajaranTreffinger yang dilakukanpenelitiselama proses belajarmengajaradalah 72,9% dengankriteriabaik.Pada siklus II pertemuan I sudah mengalami peningkatan yaitu sudah7 orang siswa (26,9%) kriteriasangatkreatif, 13 orang siswa (50%) kriteriakreatif, dan 6 orang siswa (23,07%) kriteriacukupkreatif. Dapat disimpulkan bahwa pada siklus II pertemuan I kreativitas belajar siswa masih tergolong kreatif yaitudengan nilai rata-rata sekitar 76,9%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II peningkatan sudah sangat tampak 15 orang siswa memperoleh kriteria sangat kreatif, 7 orang siswa memperoleh kriteria kreatif, dan 4 orang siswa memperoleh kriteria cukup kreatif. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus II pertemuan II kreativitas belajar siswa tergolong sangat kreatif yaitu dengan nilai rata-rata sekitar 84,6%.Padahasilobservasipenerapan model pembelajaranTreffinger yang dilakukanpenelitiselama proses belajarmengajaradalah85,4% dengankriteriasangat baik.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajarantreffingerdapatmeningkatkankreativitasbelajarsiswadalampelajaran IPA materipokokgayagayagravitasidangayagesek di kelas V-A SDN 101775 SampaliT.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk- 2016 Pgsd 017
Keywords: MOdel Pembelajaran Trefingger; Kreativitas Belajar ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:04
Last Modified: 22 Jul 2016 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6753

Actions (login required)

View Item
View Item