situmorang, astriana (2016) UBUNGAN KREATIVITAS GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di kelas V SD negeri 106163 Bandar Klippa. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 74 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 37 orang. Adapun cara penetapan sampel dengan cara diacak.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,502 dengan rtabel = 0,334 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,502 > 0,334 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, kreativitas guru memiliki hubungan yang positif terhadap minat belajar siswa . Untuk mengetahui signifikansi hubungan kreativitas guru terhadap minat belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 3,434 dengan ttabel = 2,030 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 3,434 > 2,030 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa” dapat diterima. Dimana, semakin tinggi kreativitas guru maka semakin tinggi minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 154 |
Keywords: | Kreativitas Guru; Minat Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:51 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6751 |