Siahaan, Birna Mastiur (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 102059 SARANG GITING KECAMATAN DOLOK MASIHUL T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 1123311008 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
02. NIM. 1123311008 LEMBAR PENGESAHAN. pdf.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
03. NIM. 1123311008 ABSTRAK. pdf.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
04. NIM. 1123311008 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
05.NIM. 1123311008 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
06. NIM. 1123311008 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM. 1123311008 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
08. NIM. 1123311008 DAFTAR GRAFIK. pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM. 1123311008 DAFTARLAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1123311008 BAB I. pdf.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
14. NIM. 1123311008 BAB V. pdf.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
15. NIM. 1123311008 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada matapelajaran IPA, guru hanya menggunakan model ataupun metode pembelajaran ceramah yang memusatkan semua kegiatan pembelajaran hanya kepada guru sehingga siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meninggkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalan siswa kelas V SD Negeri 102059 Sarang Giting kecamatan Dolok Masihul yang berjumlah 27 orang , yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Adapun prosedur penelitian ini adalah terdiri dari dua siklus. Dimana siklus I terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dimana pada siklus II lebih menfokuskan penggunaan model pembelajaran Make A Match. Untuk memperoleh data yangt digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif.
Setelah dilakukan tes awal diperoleh nilai rata-rata kemampuan awal siswa sebesar 31,85 yang terdiri dari 5 orang siswa tuntas dengan presentase 18,51% dan 22 orang siswa tidak tuntas dengan presentase 81,49%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 61,66 yang terdiri dari 16 orang tuntas dengan presentase 59,26% dan 11 orang tidak tuntas dengan presentase 40,74%. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena masih di bawah 80%. Oleh karen itu dilakukan lagi tindakan dengan siklus II dengan lebih memfokuskan pada model pembelajaran Make A Match terhadap 27 orang siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,48 dengan 24 orang siswa tuntas (88,89%) dan 3 orang tidak tuntas (11,11%). Pelaksanaan tindakan pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar siswa secara klasikal di atas 80%. Hasil observasi siswa pada siklus I 65,62 dengan kriteria baik. Hasil observasi guru pada siklus I 70 dengan kriteria baik. Hasil observasi siswa pada siklus II 90,62 denga kriteria sangat baik. Hasil observasi guru pada siklus II 95 dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 102059 Sarang Giting Kecamatan Dolok Masihul T.A 2015/2016 pada matapelajaran IPA materi Cahaya dan sifat-sifatnya. Disarankan kepada guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran Make A Match kepada siswa untuk menyajikan materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V. Kepala sekolah hendaknya mengupayakan penyediaan buku-buku penunjang peningkatan profesional guru, terutama tentang buku model-model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 043 |
Keywords: | IPA; Cahaya;Model Pembealajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6747 |