MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016

silitonga, febryanty (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 1123111034 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 1123111034 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 1123111034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 1123111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 1123111034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 1123111034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 1123111034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 1123111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 1123111034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 1123111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123111034 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123111034 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 1123111034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 NIM 1123111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 1123111034 LIST GRAPHIC.pdf]
Preview
Text
08 NIM 1123111034 LIST GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 1123111034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
09 NIM 1123111034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10 NIM 1123111034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 1123111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 1123111034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 1123111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 15 NIM 1123111034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 1123111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA serta dampaknya di kelas IV SDN 101765 Bandar Setia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/2016.
Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis dari upaya melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran melalui refleksi dengan tindakan tersebut. Subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas IV-B SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana tiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan yang dipakai adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk tes hasil belajar yaitu soal pilihan ganda untuk pre test, post test siklus I dan post test siklus II. Dan teknik analisis data kualitatif untuk hasil observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan mengajar guru, dan lembar observasi aspek afektif dan psikomotorik siswa selama mengikuti pembelajaran. Secara individu siswa dikatakan Tuntas apabila memenuhi KKM yang ditentukan sekolah untuk pelajaran IPA yaitu 70. Secara klasikal siswa dikatakan Tuntas apabila telah memenuhi 80,00% ketuntasan klasikal yang diharapkan.
Hasil penelitian dari 29 orang siswa pada pre test sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata 29,19 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 orang (10,34%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 26 orang(89,66%). Pada Siklus 1 setelah diberi tindakan terjadi peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 59,08 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang (55,17%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 orang (44,82%). Pada Siklus II setelah dilakukan perbaikan tindakan terjadi peningkatan yang sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 88,27 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 orang (93,10%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orang (6.89%).
Dari hasil penelitian dan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/2016. Dan disarankan model pembelajaran Mind Mapping dapat dipakai sebagai salah satu alternatif model pembelajaran, karena model pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 095
Keywords: Pembelajaran Mind Mapping ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:04
Last Modified: 22 Jul 2016 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6738

Actions (login required)

View Item
View Item