silitonga, febryanty (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123111034 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02 NIM 1123111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
03 NIM 1123111034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04 NIM 1123111034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
05 NIM 1123111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
06 NIM 1123111034 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07 NIM 1123111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08 NIM 1123111034 LIST GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09 NIM 1123111034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10 NIM 1123111034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14 NIM 1123111034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
15 NIM 1123111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA serta dampaknya di kelas IV SDN 101765 Bandar Setia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/2016.
Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis dari upaya melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran melalui refleksi dengan tindakan tersebut. Subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas IV-B SDN 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana tiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan yang dipakai adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk tes hasil belajar yaitu soal pilihan ganda untuk pre test, post test siklus I dan post test siklus II. Dan teknik analisis data kualitatif untuk hasil observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan mengajar guru, dan lembar observasi aspek afektif dan psikomotorik siswa selama mengikuti pembelajaran. Secara individu siswa dikatakan Tuntas apabila memenuhi KKM yang ditentukan sekolah untuk pelajaran IPA yaitu 70. Secara klasikal siswa dikatakan Tuntas apabila telah memenuhi 80,00% ketuntasan klasikal yang diharapkan.
Hasil penelitian dari 29 orang siswa pada pre test sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata 29,19 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 orang (10,34%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 26 orang(89,66%). Pada Siklus 1 setelah diberi tindakan terjadi peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 59,08 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orang (55,17%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 orang (44,82%). Pada Siklus II setelah dilakukan perbaikan tindakan terjadi peningkatan yang sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 88,27 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 orang (93,10%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orang (6.89%).
Dari hasil penelitian dan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101765 Bandar setia Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/2016. Dan disarankan model pembelajaran Mind Mapping dapat dipakai sebagai salah satu alternatif model pembelajaran, karena model pembelajaran ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 095 |
Keywords: | Pembelajaran Mind Mapping ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 03:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6738 |