sinaga, santa helena (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 106164 KECAMATAN PERCUTSEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 1123111084 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2 NIM 1123111084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
3 NIM 1123111084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4 NIM 1123111084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5 NIM 1123111084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6 NIM 1123111084 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7 NIM 1123111084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8 NIM 1123111084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
12 NIM 1123111084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13 NIM 1123111084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajarpadasiswakelas V SD Negeri 106164 KecamatanPercutSei Tuan T.P 2015/2016.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuisejauhmanapengaruhpenggunaanmetodeinkuiriterhadaphasilbelajarIPA siswakelas V SD Negeri 106164 KecamatanPercutSei Tuan.
Penelitianinidilaksanakan di SD Negeri 106164 KecamatanPercutSei Tuan yang beralamat di Jl. PendidikanPasar VII TembungKecamatanPercutSei Tuan.Sampeldalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V SD Negeri 106164 KecamatanPercutSei Tuan yang terdiridariduakelasyaitukelas VA sebagaikelaseksperimen yang berjumlah 30 siswasedangkankelas VB sebagaikelaskontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknikpengambilansempel yang digunakanadalahPurposive Sample.Teknikpengumpulan data yang digunakanuntukmengukurketerampilanmembacateksceritarakyatsiswaadalahdenganmenggunakantesberbentukpilihanbergandasebanyak 15 butirsoal, dimanasebelumnyatelahdiujicobakanuntukmengetahuitingkatvaliditas, realibilitas, tingkatkesukarantesdandayabedates.
Hasilujistatistikmenunjukkanhasilbelajarsiswakelas V denganpenggunaanmetodeinkuiripadaperlakuanpertamaPre testsebesar 42,7 danpostessebesar 72,43. Padaperlakuankeduadenganpenggunaanmetodeinkuiripre testsebesar 37,46 danpost testsebesar 77,7. Sedangkanpadakelaskontrolhasilbelajarsiswakelas V denganpenggunaanmetodeceramahpadaperlakuanpertamapre testsebesar 24,53danpost test 35,83. Padaperlakuankeduadenganpenggunaanmetodeceramahpre test 33,23danpost test 37,46. Hasilpengujianhipotesis yang diperolehthitung>ttabelyaitu 13,43> 2,076 padatarafsignifikan 95 % dengan α = 0,05. sehinggadapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmetodeinkuiriberpengaruhsecarasignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelas V SDN 106164 KecamatanPercutSei Tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 133 |
Keywords: | Metode Inkuiri ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 02:41 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6729 |