Silitonga, Desi (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 107402 SAENTIS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 1123311016 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2.NIM 1123311016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
3.NIM 1123311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4.NIM 1123311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4.NIM 1123311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5.NIM 1123311016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6.NIM 1123311016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7.NIM 1123311016 TABLES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8.NIM 1123311016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9.NIM 1123311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13.NIM 1123311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14.NIM. 1123311016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 107402 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan Menghargai Jasa Tokoh dalam Mempersiapkan Kemerdekaan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107402 Saentis yang berjumlah 33 orang dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan perempuan 18 orang. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar IPS sehingga peneliti menggunakan objek formal dengan menggunakan model pembelajaran Koopeatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan selama 2 x 25 menit. Dalam setiap siklus akan diberikan lembar angket, dan lembar observasi untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa.Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan Menghargai Jasa Tokoh dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Di Kelas V SD Negeri 107402 Saentis Tahun Ajaran 2015/ 2016. Pada data hasil observasi kegiatan guru pada Siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata rendah 58,30 %, Siklus I pertemuan 2 dengan rata-rata tinggi 73,61 %, Siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata sangat tinggi 84,72 %, Siklus II pertemuan 2 dengan rata-rata sangat tinggi 91,66 %. Dari data observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 50 %, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 62,5 %, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 75,09 %, dan Siklus II Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sangat tinggi dengan rata-rata 84,84 %. Dari hasil data yang diperoleh diatas dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya dilakukannya tindakan pada siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa.
Ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan Menghargai Jasa Tokoh dalam Mempersiapkan Kemerdekaan pada siswa kelas V Negeri 107402 Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 080 |
Keywords: | Motivasi Belajar;STAD; Model Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 07:59 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6699 |