Napitupulu, Rio Parsaoran (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS IV SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111079 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 1123111079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (814kB) | Preview
3. NIM. 1123111079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 1123111079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
5. NIM. 1123111079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
6. NIM. 1123111079 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1123111079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1123111079 GRAFIK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 1123111079 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
10. NIM. 1123111079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
14. NIM. 1123111079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM. 1123111079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan Masalah-Masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan untuk mengetahui apakah model pembelajaan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 11 Laki dan 19 Perempuan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah Tes dan Observasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan Pre Test kepada 30 orang siswa untuk mengetahui letak kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Kemudian dilanjut Post Test siklus I dan Siklus II. Hasil Penelitian Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 7 siswa atau sebesar (23,66%) dengan rata-rata 49,02. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 14 orang siswa (46,66%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 64,46. Pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat sebanyak 26 orang siswa (86,66%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar denga nnilai rata-rata (82,75).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil bekajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat di kelas IV SD Negeri 106163 Bandar Klippa Tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 109 |
Keywords: | Quantum Teaching ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:28 |
Last Modified: | 08 Jan 2018 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6688 |