Sasmi, Weni Tri (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP TERINTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146142033 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 8146142033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM 8146142033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8146142033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 8146142033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 8146142033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8146142033 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. NIM 8146142033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8146142033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM 8146142033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM 8146142033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester genap terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa. Populasi peneitian ini adalah (1) semua guru kimia yang ada di kota Kisaran yang dikategorikan guru ahli dan dosen kimia Universitas Negeri Medan yang ada di kota Medan. (2) seluruh siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. Seluruh sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah (1) guru kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal S1 dan berpengalaman mengajar di sekolah, dosen kimia di Universitas Negeri Medan dengan kriteria memiliki pendidikan formal S2 minimal 5 tahun, sedang aktif mengajar dan menguasai materi Kimia Dasar yang relevan dengan materi kimia SMA. (2) kelas XI IPA 1 yang diberi perlakuan pengajaran menggunakan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester genap terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa berdasarkan kurikulum 2013. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis uji kelayakan buku ajar kimia yang ada berdasarkan standar BSNP adalah sebesar 3,69 dilihat dari kriteria validitasnya buku ajar tersebut cukup valid tetapi perlu direvisi (2) berdasarkan pendapat guru dan dosen terhadap uji kelayakan buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini memenuhi standar yang dipersyaratkan oleh BSNP yaitu sebesar 4,41 artinya valid dan tidak perlu direvisi. (3) berdasarkan pendapat guru dan dosen terhadap uji kelayakan buku ajar yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi standar dari penilaian rubrik karakter sebesar 4,43 yang dikategorikan sangat baik. (4) berdasarkan pendapat siswa terhadap uji kelayakan buku ajar yang terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam penelitian ini memenuhi standar dari penilaian rubrik karakter adalah sebesar 4,42 yang dikategorikan sangat baik. (5) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebesar 0,69 atau 69% yang dikategorikan sedang. (6) Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh nilai sign<0,05 (0,002<0,05) penggunaan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester genap terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa lebih tinggi dari nilai KKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Sas |
Keywords: | Buku ajar; Internalisasi; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6686 |