Putri, Atika Khairani (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN. 105291 SAENTIS TA 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111008 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1123111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 1123111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1123111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1123111008 CURICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 1123111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 1123111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 1123111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM. 1123111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
10. NIM. 1123111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
14. NIM. 1123111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1123111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Matchdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materipenjumlahanbilanganbulatpositifdannegatif. Penelitianinidilakukan di SD Negeri 105291 Saentisyang beralamat di Jl.Tambak Bayan Dusun XI DesaSaentis.
JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridariduasiklusyaituSiklus I danSiklus II. Dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjekpenelitianadalahseluruhsiswa di kelas IVByangberjumlah 30orang.Sedangkanobjekpenelitianadalahhasilbelajarsiswapadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpositifdannegatif.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.
Berdasarkanpenelitianyang dilaksanakandiperolehpeningkatanhasilbelajardimanasebelumdilaksanakansiklus I dilakukanpre testuntukmengetahuiletakkesulitanpadamateripenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpositifdannegatif.Hasilpenelitianpadapre test, rata-rata kelas yang diperolehsiswasebanyak 50,5dari 30 siswabahwa 5 siswa (16,67%) tuntasdan 25siswa (83,33%) siswatidaktuntas. Padasiklus I rata-rata kelasmeningkatyaitumenjadi 68,33 di mana17siswa lulus (56,67%) dan13siswa (43,33%) tidak lulus. Makadilaksanakansiklus II, danhasilnyamengalamipeningkatanyaitunilai rata-rata menjadi 82,5 dimana 26 siswa (86,67%) tuntasdan 4siswa (13,33%) tidaktuntas.
Dari peningkatanketuntasanklasikal yang diperolehsiswa, dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajaranMake a Matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa pada mata pelajaran Matematikamateripenjumlahandanpenguranganbilanganbulatpositifdannegatifdi kelas IV SD Negeri 105291 Saentis.Disarankankepadapihaksekolahagar kiranyadapatmenambahpengadaansaranadanprasaranadalampembelajaran, sertamelakukanpenelitiankepada guru-guru tentangpenggunaan model pembelajaran yang dapatmeningkatkankemampuan guru sehinggahasilbelajarsiswadapatditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 158 |
Keywords: | Maka a Match ; Matematika ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6685 |