Yulia, Raja Hafsya (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF PADA POKOK BAHASAN SENYAWA KARBON UNTUK KELAS XII SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Memperoleh penuntun praktikum kimia inovatif yang terintegrasi model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan senyawa karbon, 2) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan dengan penuntun praktikum yang dipakai sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga penuntun praktikum kimia SMA/MA kelas XII dari penerbit swasta, 20 guru kimia SMA/MA dan 2 dosen program pascasarjana program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Medan sebagai validator ahli, dan 50 siswa kelas XII IPA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket kelayakan berdasarkan BSNP yang telah dimodifikasi dengan skala 5 dan tes hasil belajar siswa yang akan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 21 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis berdasarkan BSNP adalah standar kelayakan isi diperoleh rata-rata sebesar 4,42 (sangat layak); standar kelayakan bahasa diperoleh rata-rata sebesar 4,12 (layak); standar kelayakan penyajian diperoleh rata-rata sebesar 4,40 (sangat layak); standar kelayakan kegrafikaan diperoleh rata-rata sebesar 4,18 (layak). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa penuntun praktikum yang dikembangkan layak dipergunakan dalam pembelajaran kimia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.681 207 12 Yul p |
Keywords: | Pembelajaran inovatif; Problem based learning; Penuntun praktikum; Penilaian pisikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6682 |