sianipar, juni (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD SWASTA BETANIA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311036 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 1123311036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM 1123311036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM 1123311036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 1123311036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 1123311036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 1123311036 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 1123311036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM 1123311036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. NIM 1123311036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
14. NIM 1123311036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM 1123311036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok operasi hitung campuran bilangan bulat kelas IV SD Swasta BETANIA Medan T.A 2015/2016?”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SD Swasta BETANIA Medan T.A 2015/2016
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK).Ciri khas PTK adalah adanya siklus-siklus yang merupakan suatu pemecahan menuju praktek pembelajaran yang lebih baik dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Swasta BETANIA Medan T.A 2015/2016 sebanyak 35 orangsiswa yang terdiridari 19 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT (Number Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok operasi hitung campuran bilangan bulat kelas IV SD.
Hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan tindakan dari hasil pre tes diperoleh rata-rata sebesar 42,14 dengan persentase ketuntasan 22,8%, pada tindakan siklus I dari hasil pos tes diperoleh rata-rata 66,90 dengan persentase ketuntasan 65,7% dan secara kelas dinyatakan belum mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan pengembangan pada siklus II diperoleh rata-rata 77,90 dengan persentase ketuntasan 85,7% dan secara kelas dinyatakan telah mencapai ketuntasan belajar.
Penggunaan model Cooperative Learnig tipe NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok operasi hitung campuran bilangan bulat dikelas IV SD Swasta BETANIA Medan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk- 2016 PGSD 164 |
Keywords: | Pelajaran Kooperatif Tipe NHT ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 04:11 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6681 |