Simbolon, Saodor (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 060893 DARUSSALAM KEC. MEDAN PETISAH T.A 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-NIM-1122111019-COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2.-NIM-1122111019-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
3.-NIM-1122111019-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4.-NIM-1122111019-PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5.-NIM-1122111019-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6.-NIM-1122111019-TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7.-NIM-1122111019-ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8.-NIM-1122111019-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.-NIM-1122111019-CHAPTER-I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13.-NIM-1122111019-CHAPTER-V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14.-NIM-1122111019-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 060893 Darussalam Kec. Medan Petisah T.A 2015/2016. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang berasal dari siswa kelas V pada T.A 2015/2016
Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap yang berupa siklus prosedur penelitian yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai.
Dari hasil analisis data pada tes awal dari 30 jumlah siswa diperoleh 5 orang siswa yang mencapai syarat ketuntasan belajar dengan persentase (17%), dan 25 orang siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan persentase (83%). Dari tes awal diperoleh nilai rata-rata klasikal 48,83. Dari hasil analisis data pada siklus I pertemuan I dari 30 orang jumlah siswa diperoleh 9 orang siswa yang memperoleh syarat ketuntasan dengan persentase (30%) dan 21 orang siswa belum mencapai syarat ketuntasan dengan persentase (70%) dan nilai rata-rata klasikal 52. Pada siklus I Pertemuan II dari 30 orang jumlah siswa diperoleh 17 siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan persentase (57%) dan 13 siswa belum mencapai tingkat tingkat ketuntasan belajar dengan persentase (43%) , dengan nilai rata-rata klasikal 64,66. Dari hasil tes pada siklus II pertemuan I dari 30 jumlah siswa diperoleh 23 orang siswa tuntas dengan persentase (77%) dan 13 oarang siswa belum tuntas dengan persentase (43%) dengan nilai rata-rata dan 7 orang siswa belum tuntas dengan persentase (23%) dengan nilai rata-rata 68,33. Pada Siklus II pertemuan II dari 30 orang jumlah siswa 28 orang siswa telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan persentase (93%) dan 2 orang siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan persentase (7%) , dengan nilai rata-rata klasikal 83,33.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060893 Darussalam Kec. Medan Petisah T.A 2015/2016. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada materi menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 161 |
Keywords: | Media Pembelajaran;Media Gambar; Menulis; Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:35 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6673 |