Hasibuan, Desi Seprina Yanti (2016) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311015 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 1123311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
3. NIM 1123311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 1123311015 PRIPACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM 1123311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 1123311015 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 1123311015 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 1123311015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 1123311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM 1123311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM 1123311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh pemanfaatan media tiga dimensi terhadap pemahaman siswa tentang materi pesawat sederhana pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 101775 Sampali tahun ajaran 2015/2016. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media tiga dimensi terhadap pemahaman siswa tentang materi pesawat sederhana pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 101775 Sampali tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian eksperimen. penelitian ini menggunakan media tiga dimensi dan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali dengan jumlah 72 siswa dengan mengunakan total sampling maka sampelnya berjumlah 72 siswa yang dikelompokkan menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji instrument menggunakan uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 81,9 dengan simpangan baku 1,53 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas kontrol 66,5 dengan simpangan baku 2,6. Berdasarkan pengujian statistik diperoleh thitung = 15,49 dengan α = 0,05 dan ttabel = 1,66 artinya thitung> ttabel atau 15,49 > 1,66 Hal ini membuktikan bahwa pemahaman belajar siswa dengan menggunakan media tiga dimensi lebih besar daripemahaman belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media tiga dimensi dengan metode konvensional terhadap pemahaman belajar siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 091 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Media Tiga Demensi; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 03:17 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6668 |