lase, ramah waty (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. Lembar Perstujuan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian pelaksanaan oleh guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Aktivitas selama pembelajaran berlangsung melibatkan aspek fisik dan psikis siswa. Kepemimpinan guru dalam pendidikan amat berpengaruh dalam menghasilkan out put (keluaran) yang berprestasi. Karena dengan adanya jiwa kepemimpinan seorang guru dapat mempengaruhi dan mengajak para peserta didik untuk dapat melaksanakan aktifitas pembelajaran. Namun pada kenyataannya guru belum menerapkan gaya kepemimpinan sesuai yang diharapkan yaitu kepemimpinan yang demokratis sehingga aktivitas belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa .
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket.Populasi dalam penelitian ini adalah 74 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 37 orang.
Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = -0.001 dengan rtabel = 0,334 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian -0.001 < 0,334 atau nilai rhitung lebih kecil dari nilai rtabel maka gaya kepemimpinan guru tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap aktivitas belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya kepemimpinan guru terhadap aktivitas belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = - 0.0059 dengan ttabel = pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian - 0.0059 < 2.0301 atau nilai thitung lebih kecil daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan tidak signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang didapat menyatakan “Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan guru terhadap aktivitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 155 |
Keywords: | Gaya Kepemimpianan Guru ; Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 02:30 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6655 |