sianturi, rumindang (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 023903 BINJAI TA.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1123111082_COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM.1123111082_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM.1123111082_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM.1123111082_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM.1123111082_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM.1123111082_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM.1123111082_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM.1123111082_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM.1123111082_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10. NIM.1123111082_BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM.1123111082 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15. NIM.1123111082_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi menentukan volume kubus dan balok di kelas V SDN 023903 Binjai dengan menggunakan pendekatan saintifik T.A 2015/2016.
Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Pada penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel penelitian yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dimana variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan saintifik, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 023903 Binjai.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 023903 Binjai yang berjumlah 23 orang. 17 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah aktivitas belajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti melaksanakan observasi di kelas V. Nilai rata-rata kelas kondisi awal adalah58,6 dengan jumlah siswa teraktivitas 6 orang siswa atau 26,1% dari 23 orang siswa. Setelah dilaksanakan siklus I pertemuan 1 dengan menerapkan pendekatan saintifik, nilai rata-rata kelas menjadi 65,7 dengan jumlah siswa teraktivitas 8 orang siswa atau 34,8% dari 23 orang siswa. Pada siklus I pertemuan 2, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,4 dengan jumlah siswa teraktivitas 11 orang siswa atau 47,8. Pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan jumlah siswa teraktivitas 17 orang siswa atau 73,9%. Pada siklus II pertemuan 2, nilai rata-rata kelas sangat meningkat menjadi 84,1 dengan jumlah siswa teraktivitas 21 orang siswa atau 91,3% siswa yang teraktivitas. Hasil angket aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 52,2% dengan jumlah 12 orang siswa dilihat dari kriteria sangat baik dan baik. Pada siklus II meningkat menjadi 82,6% dengan jumlah 19 orang siswa yang teraktivitas. Aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai 65%. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas guru meningkat menjadi 75%. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai 85% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II pertemuan 2 dan tergolong sangat sesuai dengan RPP. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 023903 Binjai TA.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 139 |
Keywords: | Belajar ; Pendekatan Saintifik ; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 08:48 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6650 |