Sagala, Perianti (2016) PENERAPAN MEDIA BERBASIS VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 023903 BINJAI T.A 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.1123111066_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2.NIM.1123111066_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3.NIM.1123111066_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4.NIM.1123111066_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
5.NIM.1123111066_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6.NIM.1123111066_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7.NIM.1123111066_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8.NIM.1123111066_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9.NIM.1123111066_BAB I.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
13.NIM.1123111066_BAB V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
14.NIM.1123111066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
Abstract
Saat ini masih banyak guru (pengajar) yang tidak menerapkan media pembelajaran ketika mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di dalam kelas sehingga suasana kelas menjadi tidak menarik dan salah satu akibatnya ialah rendahnya keterampilan membaca siswa.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan media pembelajaran berbasis visual akan meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah poster.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan tes, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD 023903 Binjai yang berjumlah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar format observasi keterampilan membaca siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa, pada siklus I persentase keterampilan membaca secara klasikal yang dicapai sebesar 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Selain itu berdasarkan test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa persentase keterampilan membaca siswa pada pretest secara klasikal hanya 12% atau dapat dikatakan pada pre test seluruh siswa belum terampil dalam membaca, setelah diterapkan siklus I dengan media pembelajaran berbasis visual hasil persentase keterampilan membaca siswa meningkat menjadi 64% namun pada siklus I siswa masih dikatakan belum terampil dalam membaca, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89% sehingga siswa dapat dikatakan terampil dalam membaca. Rata-rata nilai siswa sebelum tindakan (pretes) sebesar 49,3. Setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi rata-rata 74 dan meningkat menjadi rata-rata 89 setelah dilakukan siklus II.
Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis visual dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Inggris di kelas V SD Negeri NO.023903 Binjai. Sebagai tindak lanjut maka dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggrisdiharapkan kepada guru tidak hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran, namun dapat merancang dan mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar, salah satunya dengan menerapkan media pembelajaran berbasis vi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 142 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Berbasis Visual; Keterampilan Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:33 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6635 |