Harahap, Suryana Mentari (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE MATERI MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101789 MARINDAL KEC. PATUMBAK T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.1123111091 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2.NIM.1123111091 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3.NIM.1123111091 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4.NIM.1123111091 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5.NIM.1123111091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6.NIM.1123111091 TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7.NIM.1123111091 LIST GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8.NIM.1123111091 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
12.NIM.1123111091 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13.NIM.1123111091 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa pada materi menulis puisi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101789 Marindal, Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari sampai dengan Februari 2016. Bentuk penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Adapun kelas yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 101789 Marindal dengan jumlah siswa 30 orang siswa.
Sebelum melaksanakan siklus I, peneliti melakukan pembagian angket kepada siswa. Kemudian peneliti melaksanakan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan Model Complete Sentence. Berdasarkan analisi data, bahwa hasil observasi pada siklus I siswa memperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan yang diperoleh siswa sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 40 % sudah kategori tinggi sedangkan yang dinyatakan kategori sedang sebanyak 9 orang dengan persentase 30 % dan 9 orang dengan persentase 30% kategori rendah. Selanjutnya peneliti melaksanakan Pertemuan ke II dimana Peningkatan yang diperoleh siswa sebanyak 19 orang siswa dengan persentase 63,33% sudah kategori tinggi sedangkan yang dinyatakan sedang sebanyak 7 orang dengan persentase 23,33% dengan kategori Rendah, 4 orang dengan persentase 13,33% dengan kategori Sedang.
Selanjutnya Peneliti Melakukan siklus II pada Pertemuan I siswa memperoleh peningkatan Motivasi belajar. Peningkatan yang diperoleh siswa sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 6,66% sudah kategori tinggi sedangkan yang dinyatakan kategori sedang sebanyak 7 orang dengan persentase 23,33% dengan kategori Sedang. Selanjutnya peneliti melaksanakan Pertemuan ke II dimana Peningkatan yang diperoleh siswa sebanyak 28 orang siswa dengan persentase 93,33% sudah dinyatakan tuntas sedangkan yang dinyatakan ketuntasan Sedang sebanyak 2 orang dengan persentase 6,6%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Complete Sentence pada pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi, dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa di Kelas V SD Negeri 101789 Marindal Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 061 |
Keywords: | Belajar; Motivasi Belajar;Compele Sentence |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:21 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6631 |