ningsih, nova yulia (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DI KELAS VI SD NEGERI NO.101766 BANDAR SETIA T. A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311048 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 1123311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3. NIM. 1123311048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. NIM. 1123311048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 1123311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1123311048 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1123311048 GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1123311048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123311048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 1123311048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
14. NIM. 1123311048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
15. NIM. 1123311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
IPA sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat rendah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD di kelas VI Bandar Setia.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Negeri No. 101766 Bandar Setia tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 1 kelas yaitu 28orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi.
Hasil penelitian denganmenggunakan model pembelajaranKooperatif STAD padamatapelajaran IPA di kelas VI SD NegeriNo.101766 Bandar Setia menunjukanadanyapeningkatanhasilbelajarsiswa yang berjumlah28 orang siswa. Dari hasilpre testdiperolehsiswayang tuntasbelajarsebanyak12 orang (42,8%) yang tidaktuntassebanyak 16 orang (57,1%) dengannilai rata-rata kelas68,03%. Setelahdilaksanakansiklus I diperolehsiswa yang tuntasbelajar22 orang siswa(78,5%) yang tidaktuntas 6 orang siswa (21,4%) dengannilai rata-rata kelas74,82. Melihatdarihasilperolehannilaipadasiklus I makaperludilakukantindaklanjutpadapadasiklus II diperolehsiswa yang tuntasbelajar 26 orang siswa (92,5%) yang tidaktuntassebanyak 2 orang siswa (7,1%) dengannilai rata-rata kelas85,35. Peningkatanhasilbelajardarikeadaanawal (pretes) ke sesiklus I sebesar6,79% dandarisiklus I kesiklus II sebesar14,3%. Hasilobservasi guru diperolehpadasiklus I pertemuanpertamadenganmenggunakan model pembelajarankooperatif STAD rata-rata 72,22tergolong tinggitindakansiklus IIpertemuankeduadiperoleh rata-rata nilai90,55 tergolong sangat tinggi.
Dari tindakandananalisis yang dilakukandapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajarankooperatif STADpadapembelajaranIPA dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa di kelas VI SD NegeriNo. 101766 Bandar Setia TahunAjaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 135 |
Keywords: | Belajar ; IPA; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 06:33 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6621 |