harahap, nurbaina (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V MIS NURUL HIDAYAH TANGGUK BONGKAR II MEDAN DENAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1122111013_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1122111013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM. 1122111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 1122111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 1122111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
7. NIM. 1122111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM. 1122111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1122111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
10. NIM. 1122111013_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
11. NIM. 1122111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
15. NIM. 1122111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
16. NIM. 1122111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MIS Nurul Hidayah Tangguk Bongkar II T.A 2015/2016.
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menghadapkansiswapadapermasalahandunianyatasehinggasiswaterlibataktifdandapatberpikirsecarakritisdengandiskusikelompokdanperan guru hanyasebatasfasilitator.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlahsubjekdalampenelitianiniadalahsebanyak30siswa yang berasaldarikelas V MIS Nurul Hidayah Tangguk Bongkar II Medan Denaipadatahunajaran 2015/2016. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan berganda. Soal yang diberikan tiga kali yaitu pre test, pos test I dan pos test II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang diamati oleh guru dan observer teman sejawat.
Dari hasil analisis data diperoleh 6siswa (20%) yang mencapaisyaratketuntasanbelajardan24siswa (80%) belummencapaitingkatketuntasanbelajar, dari pretest diperolehnilai rata-rata 47,9. Dari hasilanalisis data padasiklus I diperoleh21siswa (70%) telahmencapaitingkatketuntasanbelajardan9siswa (30%%) belummencapaitingkatketuntasanbelajar, dengannilai rata-rata 70,6. Dari hasiltespadasiklus II diperoleh 27siswa (90%) telahmencapaitingkatketuntasanbelajar, dengannilai rata-rata 80,8. Berdasarkan Observasi Siswa yang mencakup hasil belajar Afektif, Psikomotorik, dan Kognitif pada siklus I dengan rata-rata 60,7 dan pada siklus II hasil observasi siswa dengan rata-rata 85,7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan modelProblem Based Learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIS Nurul Hidayah Tangguk Bongkar II Medan Denai T.a 2015/2016. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodel Problem Based Learning dengan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MIS Nurul Hidayah Tangguk Bongkar II Medan Denai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PGSD 007 |
Keywords: | Problem Based Learning ; Matematika ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 03:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6610 |