Nasution, Putri Khairunnisa (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311055 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1123311055 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
3. NIM. 1123311055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 1123311055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 1123311055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 1123311055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 1123311055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1123311055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 1123311055 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 1123311055 BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 1123311055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan minat belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial dan pembelajaran langsung (direct learning) di kelas V pada pelajaran IPA di SD Negeri 101776 Sampali T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD Negeri 101776 Sampali yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 78 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan keseluruhan dari populasi (totally sampling) yaitu kelas V-B sebagai kelas eksperimen dank kelas V-A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 41 siswa dan kelas kontrol berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa adalah angket yang di ukur dengan Skala Linkert. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung (direct learning).
Berdasarkan hasil pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 36,58 dan nilai rata-rata kelas kontrol 33,32. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,77 ttabel = 1,99 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata 43,90 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 34,43. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 7,95 dan ttabel = 1,99 karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri 101776 Sampali T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 028 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Kecerdasan; Visual-Spasial; Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 03:35 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6607 |