simamora, krisna widia (2016) MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VSD NEGERI 060893 DARUSSALAM KEC. MEDAN PETISAH TAHUNAJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111045_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 1123111045_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1123111045_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 1123111045_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 1123111045_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1123111045_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 1123111045_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1123111045_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 1123111045_BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 1123111045_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1123111045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyaefektivitasbelajarpesertadidikpadamatapelajaranmatematikamaterisifat-sifatbangundatar.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanefektivitasbelajarpesertadidikpadamatapelajaranMatematikamaterisifat-sifatbangundatardenganmenggunakanpendekatanSaintifik.
Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadaahpenelitiantindakankelas.Penelitianiniterdiridari 2 siklusdansetiapsiklusterdiridari 4 tahapanyaituPerencanaan, Pelaksanaan, ObservasidanRefleksi.Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas V SD Negeri 060893 Darussalam Kec.Medan Petisah yang berjumlah 32 orang.Pengumpulan data dilakukandenganobservasidantes.Data yang diperolehdianalisisdenganmenggunakanrumuspersentaseefektivitasbelajar.Secara individual pesertadidikdikatakantuntasdalambelajarjikamemenuhinilai KKM yang ditentukanolehsekolahuntukmatapelajaranmatematikaadalah 65 dansecaraklasikaldikatakantuntasjika ≥ 80% pesertadidik yang tuntasdarijumlahkeseluruhan.
HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmenggunakanpendekatanSaintifikpadamatapelajaranmatematikadapatmeningkatkanefektivitasbelajarpesertadidikkelas V SD Negeri 0608893 Darussalam Kec.Medan Petisah.persentaseefektivitasbelajarsecaraklasikalpesertadidikmeningkatpadasaatpertemuanpertamasiklus I sebesar 28.12%, menjadi 34.37% padapertemuankedua, danmenjadi 43.75% padapertemuanketiga. PadapertemuanpertamasiklusIIefektivitasklasikalmeningkatmenjadi 78.12%, padapertemuankeduamenjadi 100%, danpadapertemuanketigasebesar 100%.Berdasarkanhasilbelajarpesertadidikjugamengalamipeningkatandari rata-rata 31.65 padasaatpre testdenganjumlahpesertadidik yang efektifsebanyak 0 orang, meningkatpadasaatpost testsiklus I dengan rata-rata 45.61 denganjumlahpesertadidik yang telahefektifsebanyak 7 orang denganpersentase 21.87% darijumlahkeseluruhan, meningkatlagipadasaatpost testsiklus II dengan rata-rata 83.30 denganjumlahpesertadidik yang telahefektifsebanyak 31 orang denganpersentase 96.87% darijumlahkeseluruhan, 1 orang pesertadidik yang tidaktuntasdalambelajar.Observasi guru padaSiklus I mendapatnilaisebesar 79.1 melakukan proses perbaikanpadasiklus II menjadi 91.6.
PendekatanSaintifikdapatmeningkatakanefektivitasbelajarpesertadidikpadamatapelajaranmatematikamaterisifat-sifatbangundatar di SD Negeri 0608893 Darussalam Kec.Medan PetisahTahunAjaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 111 |
Keywords: | Efektivitas Belajar ; Saintifik ; Matematika; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 03:38 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6606 |