samosir, alimin (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 067242 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 1123111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3. NIM 1123111005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 1123111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 1123111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 1123111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 1123111005 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 1123111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 1123111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10 .NIM 1123111005 BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
14. NIM 1123111005 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM 1123111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran word square dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran word square pada mata pelajaran IPS materi koperasi di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 36 orang siswa kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal pada tahun ajaran 2015/2016, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPS berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilihat dari berapa persen tingkat keberhasilan yang dicapai dan perubahan aktivitas belajar siswa saat proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis data siklus I terdapat 1 orang siswa (2,78%) yang tergolong aktivitas belajarnya sangat rendah, 18 orang siswa (50%) yang tergolong aktivitasnya rendah, dan 17 orang siswa (47,22%) yang tergolong aktivitasnya tinggi. Dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal siklus I sebesar 47,22%. Setelah dilakukan siklus II diperoleh data terdapat 3 orang siswa (8,33%) yang tergolong aktivitas belajarnya rendah, 13 orang siswa (36,11%) yang tergolong aktivitasnya tinggi, dan 20 orang siswa (55,56%) yang tergolong aktivitas belajar sangat tinggi, dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pertemuan kedua siklus II 91,67%.
Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV SD Negeri 067242 Sunggal pada mata pelajaran IPS materi pokok koperasi. Sehingga disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran word square dalam menyampaikan materi pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 134 |
Keywords: | Aktivitas Belajar ; Word Square ; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 03:19 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6603 |