Rambe, Suheni Dara Yusnita (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 118431 BINANGA TOLANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313354 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108313354 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
108313354 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108313354 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313354 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108313354 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313354 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313354 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313354 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
108313354 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
108313354 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan atau aktivitas siswa dalam belajar IPA dan guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam mengajarkan IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri 118431 Binanga Tolang Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 118431 Binanga Tolang Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri 118431 Binanga Tolang Tahun Ajaran 2011/2012. Sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes, rata-rata pengetahuan awal siswa tentang materi perubahan lingkungan sebesar 23,5 dan persentase ketuntasan secara klasikal 0%. Setelah dilakukan siklus I selama 2 kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing, dari hasil postes rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat menjadi sebesar 66,8 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 73,3% (belum mencapai ketuntasan optimal secara klasikal). Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pada siklus II selama 2 kali pertemuan, dari hasil postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan meningkat menjadi sebesar 81,2 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 96,7% (secara klasikal telah mencapai ketuntasan dalam belajar). Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru untuk dapat mengembangkan dan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Bamboo Dancing; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6599 |