Fatma, Siti Roliah Sari (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN MATERI PECAHAN DALAM BENTUK SOAL CERITA KELAS IV SDN 101783 SAENTIS TAHUN AJAR 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313330 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313330 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
108313330 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
108313330 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313330 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
108313330 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313330 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313330 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313330 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
108313330 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313330 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada materi pokok pecahan dengan menggunakan soal cerita. Sebagai Alternatif tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode latihan di Kelas IV SDN 101783 Saentis Tahun Ajar 2011 / 2012Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 40 orang siswa. Metode latihan merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan stimulus yang dilakukan secara berulang-ulang agar siswa memiliki respon kuat yaitu keterampilan yang lebih tinggi dari pada yang telah dipelajari sebelumnya sehingga sesuatu yang dilakukan siswa tersebut dapat dikuasai dengan baik.Berdasarkan observasi pada awal tindakan yang dilakukan terhadap 40 tingkat perubahan motivasi belajar siswa pada awal tidak ditemukan siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah, sebanyak 20 orang siswa (50%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 19 orang siswa (47,5%) memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sebanyak 1 orang siswa (2,5%) yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Berdasarkan gambar di atas maka dapat ketahui bahwa dari 40 orang siswa tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), sebanyak 5 orang siswa (12,5%) yang memiliki motivasi rendah, sebanyak 33 orang siswa (82,5%) memiliki motivasi tinggi dan sebanyak 2 orang siswa (5%) yang memiliki motivasi sangat tinggi. Pada siklus II siswa tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), terdapat 1 orang siswa (2,5%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 18 orang siswa (45%) memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 21 orang siswa (52,5%) yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Sedangkan dari data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus II pertemuan 3 dan 4 yaitu diperoleh nilai rata-rata 91,67 dan 93,75 tergolong dengan kategori sangat tinggi dengan bila dibandingkan dengan data hasil penelitian pada siklus I maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pecahan dalam bentuk soal cerita kelas IV SD Negeri 101783 Saentis T.A 2011/2012. Oleh karenanya metode latihan merupakan salah satu alaternatif yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Fat m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Latihan; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6582 |