MUSLIM, MHD. RIFKI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENGOPERASIAN GARDU INDUK KELAS XI DI SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153331010 COVER.pdf
Download (87kB)
2. NIM. 5153331010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (309kB)
3. NIM. 5153331010 ABSTRACT.pdf
Download (146kB)
4. NIM. 5153331010 PREFACE.pdf
Download (127kB)
5. NIM. 5153331010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (126kB)
6. NIM. 5153331010 TABLES.pdf
Download (83kB)
7. NIM. 5153331010 ILLUSTRATION.pdf
Download (79kB)
8. NIM. 5153331010 APPENDICES.pdf
Download (82kB)
9. NIM. 5153331010 CHAPTER I.pdf
Download (310kB)
10. NIM. 5153331010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
11. NIM. 5153331010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (686kB)
12. NIM. 5153331010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 5153331010 CHAPTER V.pdf
Download (165kB)
14. NIM. 5153331010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (167kB)
15. NIM. 5153331010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi pengoperasian gardu induk kelas XI di SMK, 2). Mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi pengoperasian gardu induk kelas XI di SMK, 3). Mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi pengoperasian gardu induk kelas XI di SMK. Metodelogi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan. Four-D Models terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1). Pendefinisian (define), 2). Perancangan (design), 3). Pengembangan (develop), 4). Penyebaran (dissaminate). Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala likert 5 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang dinyatakan valid pada 25 responden. Tingkat kelayakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa: 1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan sumber belajar sesuai dengan KD yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi pengoperasian gardu induk. 2) Tingkat kelayakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) diketahui dari hasil penilaian ahli materi, ahli bahan ajar, praktisi guru dan gardu induk serta peserta didik (pengguna). Hasil validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kesesuaian pembelajaran kontekstual diperoleh rata rata skor 4,07 dengan kategori “layak”. Hasil validasi ahli bahan ajar meliputi aspek konsistensi, format, organisasi, daya tarik dan ruang (spasi) kosong diperoleh rata-rata skor 4,43 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi praktisi guru meliputi aspek relevansi, keakuratan, keterbacaan, kebahasaan, dan kesesuaian pembelajaran kontekstual diperoleh rata-rata skor 4,63 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi praktisi gardu induk meliputi aspek kelayakan isi, materi dan bahan ajar diperoleh rata-rata skor 4,76 dengan kategori “sangat layak”. 3) Respon peserta didik diperoleh rata-rata skor 3,56 dengan kategori “sangat positif”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | penelitian; pengembangan; LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik); berbasi kontekstual; pengoperasian gardu induk |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:31 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65747 |
