Barus, Billy Ansimaka (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Adobe Flash CS6 Untuk Mata Pelajaran Instalasi Jaringan Lokal (LAN) Kelas X TKJ SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123331007 COVER.pdf
Download (48kB)
02. NIM. 5123331007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (782kB)
03. NIM. 5123331007 ABSTRACT.pdf
Download (282kB)
04. NIM. 5123331007 PREFACE.pdf
Download (177kB)
05. NIM. 5123331007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (235kB)
06. NIM. 5123331007 TABLES.pdf
Download (34kB)
07. NIM. 5123331007 ILUSTRATION.pdf
Download (178kB)
08. NIM. 5113331007 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
09. NIM. 5123331007 CHAPTER 1.pdf
Download (610kB)
10. NIM. 5123331007 CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5123331007 CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (721kB)
12. NIM. 5123331007 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 5123331007 CHAPTER 5.pdf
Download (64kB)
14. NIM. 5123331007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (203kB)
15. NIM 5123331007 ENCLOSER.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan contoh dan menghasilkan aplikasi multimedia maksunya memberi contoh ini kepada guru atau tenaga pendidik lain dalam pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, sehingga tergerak untuk menciptakan media yang sejenis, dan untuk menghasilkan produk aplikasi multimedia ini dapat digunakan untuk proses belajar megajar untuk sub teori topologi jaringan kelas X SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2. Penelitian ini sering juga disebut penelitian R dan D, maksudnya adalah penelitian dan membangun sebuah produk, tahapan ini di mulai dari melihat permasalahan yang dapat di atasi dengan aplikasi multimedia, setelah masalah ditemukan maka dikumpulkan data – data yang dibutuhkan untuk membagun media, tahapan selanjutnyan desain produk multimedia pada tahapan desai ini di gunakan model ADDIE, setelah desain terbentuk maka aplikasi multimedia ini divalidasi dari ahli media dan ahli materi, setelah dinyatakan layak maka dilakukan uji coba skala kecil dan direvisi awal setelah diperbaiki di lakukan kembali uji coba skala besar dan di hitung jika masih diperlukan revisi maka dilakukan revisi kembali, jika tidak ada revisi maka aplikasi multimedia interaktif ini dapat diproduksi atau di publikasikan. Hasil penelitian ini di validasi oleh 4 orang ahli atau dikatakan tahapan alpha testing, untuk mengumpulkan skor dari ahli medai dan ahli materi digunakan angket yang telah valid, untuk skor yang diberikan oleh ahli media pertama 4,3 (sangat baik) dan ahli media kedua memberikan skor 4,3 maka didapat skor validasi dari ahli media sebesar 4,3 (sangat baik). Dan untuk ahli materi 1 memberikan skor 4,6 (sangat baik) dan skor dari ahli materi 2 memberikan skor 4,5 (sangat baik) maka hasil validasi dari ahli matei 4,53 atau sangat baik. Untuk tahapan betha testing dibagi kedalam 2 tahapan uji coba, tahapan skala kecil di peroleh validasi sebesar 4,3 dan tahapan skala besar diperoleh skor 4,3 maka validasi dari betha testing sebesar 4,3 atau sangat baik, dari tahapan alpha testing dan betha testing multimedia ini dinyatakan sangat baik dan sangat layak untuk digunkan untuk mata pelajaran Topologi Jaringan di kelas X Smk Swasta Teladan Sumatera Utara 2.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | multimedia interaktif; R dan D; ADDIE; Validasi |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 05:43 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 05:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65737 |
