-, Nurwati (2019) Perbedaan Hasil Belajar yang Diajar dengan Model Pembelajaran Promblem Based Learning dan Direct Intrucion pada Mata Pelajaran Mengambar Teknik pada Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123122026 COVER.pdf
Download (125kB)
2. NIM. 5123122026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (427kB)
3. NIM. 5123122026 ABSTRACT.pdf
Download (143kB)
4. NIM. 5123122026 PREFACE.pdf
Download (210kB)
5. NIM. 5123122026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (143kB)
6. NIM. 5123122026 TABLES.pdf
Download (179kB)
7. NIM. 5123122026 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 5123122026 APPENDICES.pdf
Download (139kB)
9. NIM 5123122026 CHAPTER I.pdf
Download (356kB)
10. NIM 5123122026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (995kB)
11.NIM 5123122026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (891kB)
12. NIM 5123122026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (755kB)
13. NIM 5123122026 CHAPTER V.pdf
Download (125kB)
14. NIM 5123122026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (141kB)
15. NIM 5123122026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Promblem Based Learning dan Direct Intrucion pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posstest-only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Model Problem Based Learning , sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran Direct Intrucion. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan Model Problem Based Learning dengan Direct Intrucion pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,579 > 1,679 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Promblem Based Learning; Direct Intrucion; hasil belajar; menggambar teknik |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:26 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65728 |
