Sariadi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS V SD NEGERI 105287 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081211910012 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
081211910012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
081211910012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
081211910012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
081211910012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
081211910012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
081211910012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
081211910012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
081211910012 BAB 1.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
081211910012 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
081211910012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode Problem Based Instruction pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran dalam bentuk soal cerita bagi siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode Problem Based Instruction pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran dalam bentuk soal cerita bagi siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung yang berjumlah 41 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data hasil belajar siswa pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran dalam bentuk soal cerita. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk melihat letak kesulitan siswa dalam memperlajari materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran dalam bentuk soal cerita. Dari tes awal dilanjutkan ke siklus I dan selanjutnya siklus II dengan memberikan post test I dan post test II untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal diperoleh nilai rata-rata adalah 41,2 dengan perincian dari 41 siswa terdapat 34 siswa (82%) tidak tuntas dan 7 siswa (17,1%) masuk dalam kategori tuntas belajar. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 63,3 dengan perincian dari 41 siswa terdapat 20 siswa (48,8%) masuk dalam kategori belum tuntas dan 21 siswa (51,2%) masuk dalam kategori tuntas belajar. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,4. Dimana siswa yang tuntas berjumlah 39 orang (95,1%) sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 2 orang (4,9%). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan pada pecahan campuran dalam bentuk soal cerita bagi siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Problem Based Instruction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6572 |