Faradilla, Tasya (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X DPIB 1 SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143111018 COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM. 5143111018 APROVAL SHEET.pdf
Download (443kB)
3. NIM. 5143111018 ABSTRACT.pdf
Download (179kB)
4. NIM. 5143111018 PREFACE.pdf
Download (134kB)
5. NIM. 5143111018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (66kB)
6. NIM. 5143111018 TABLE.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5143111018 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 5143111018 APPENDICTS.pdf
Download (112kB)
9. NIM. 5143111018 CHAPTER I.pdf
Download (391kB)
10. NIM. 5143111018 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (767kB)
11. NIM. 5143111018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 5143111018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (968kB)
13. NIM. 5143111018 CHAPTER V.pdf
Download (196kB)
14. NIM. 5143111018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (188kB)
15. NIM. 5143111018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar Dasar Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas X 1 Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian pada siklus I di peroleh nilai rata-rata aktivitas siswa 72% pada kategori cukup aktif dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 75%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa 89% kategori sangat aktif, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 100% (36 orang) . Aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan sebesar 17% dan 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian diterima, hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajararan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah; Student Think Pair Share |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:55 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65707 |
