Gunawan, Muhammad Edi (2019) Hubungan Antara Minat Kejuruan Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123111032 COVER.pdf
Download (103kB)
2. NIM 5123111032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (605kB)
3. NIM 5123111032 ABSTRACT.pdf
Download (70kB)
4. NIM 5123111032 PERFACE.pdf
Download (225kB)
5. NIM 5123111032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (127kB)
7. NIM 5123111032 TABLES.pdf
Download (35kB)
8. NIM 5123111032 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM 5123111032 CHAPTER I.pdf
Download (501kB)
10. NIM 5123111032 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (813kB)
11. NIM 5123111032 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5123111032 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (889kB)
13. NIM 5123111032 CHAPTER V.pdf
Download (172kB)
14. NIM 5123111032 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
15. NIM 5123111032 ENLCOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Kejuruan terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar, 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar, 3) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Kejuruan dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kisaran pada Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 32 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas. 1) Hasil uji coba soal angket minat kejuruan diperoleh 30 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,812 termasuk kategori sangat tinggi, 2) Hasil uji coba soal angket Konsep Diri diperoleh 30 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diuji cobakan, koefisien reliabilitas = 8,10 termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Kejuruan terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar dengan besar korelasi rx1y = 0,627 > rtabel = 0,349 dan thitung = 2,275 > ttabel = 2.042 dan dari keberartian korelasi ganda diperoleh Fhitung = 7,8 > Ftabel= 4,17. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gmbar Teknik Dasar dengan besar korelasi rx2y = 0,601> rtabel = 0,349 dan thitung = 4,254 > ttabel = 2,042 dan dari keberartian korelasi ganda Fhitung= 9,728 > Ftabel= 4,17. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Kejuruan dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,4351 > rtabel = 0,349 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 8,763 > Ftabel = 3,33. Dengan demikian Minat Kejuruan dan Konsep Diri mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar. Berdasarkan hasil penelitian guru harus mengetahui Minat dalam diri siswa sehingga antusias dalam belajar meningkat, Konsep Diri juga berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar agar siswa senantiasa membiasakan diri untuk melatih dan mgetahui diri siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Minat Kejuruan; Konsep Diri; Hasil Gambar Teknik Dasar |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:32 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65704 |
