Subali, Rizky (2019) Pengaruh Pembelajaran Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133311010 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM. 5133311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (226kB)
3. NIM. 5133311010 ABSTRAK.pdf
Download (70kB)
4. NIM. 5133311010 KATA PENGANTAR.pdf
Download (69kB)
5. NIM. 5133311010 DAFTAR ISI.pdf
Download (60kB)
6. NIM. 5133311010 DAFTAR TABEL.pdf
Download (65kB)
7. NIM. 5133311010 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (39kB)
8. NIM. 5133311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (39kB)
9. NIM. 5133311010 BAB I.pdf
Download (369kB)
10. NIM. 5133311010 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (706kB)
11. NIM. 5133311010 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (810kB)
12. NIM. 5133311010 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (744kB)
13. NIM. 5133311010 BAB V.pdf
Download (68kB)
14. NIM. 5133311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (61kB)
15. NIM. 5133311010 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran APLPIG tidak mencukupi 85% (tidak memenuhi ketuntasan klasikal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model project based learning terhadap hasil belajar APLPIG pada siswa kelas XI program keahlian DPIB SMK Negeri 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program keahlian DPIB yang terdiri dari kelas DPIB 1 dan DPIB 2 yang berjumlah 58 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah hasil keterampilan siswa yang penilaiannya terdiri dari 6 rubrik penilaian. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing model pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran training within industry memperoleh nilai rata-rata sebesar 93,59 , standar deviasi sebesar 3,75. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,82 dan standar deviasi sebesar 4,54. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 17,242 dan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (17,242 > 1,67) maka hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar APLPIG.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran PjBL; Hasil Belajar; APLPIG |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:52 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:52 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65701 |
