Perapan Model Pembelajaran Team Assited Individualy (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar – dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Ukur Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Medan T.A 2018/2019

WATI, PENI ASTIAANA (2019) Perapan Model Pembelajaran Team Assited Individualy (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar – dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Ukur Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Medan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5143111015 COVER.pdf] Text
1. NIM 5143111015 COVER.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2. NIM 5143111015 SURAT Persetujuan.pdf] Text
2. NIM 5143111015 SURAT Persetujuan.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 3. NIM 5143111015 Abstrak.pdf] Text
3. NIM 5143111015 Abstrak.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4. NIM 5143111015 Kata Pengantar.pdf] Text
4. NIM 5143111015 Kata Pengantar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5. NIM 5143111015 Daftar Isi.pdf] Text
5. NIM 5143111015 Daftar Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 6. NIM 5143111015 Daftar Tabel.pdf] Text
6. NIM 5143111015 Daftar Tabel.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 7. NIM 5143111015 Daftar Gambar.pdf] Text
7. NIM 5143111015 Daftar Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8. NIM 5143111015 Daftar Lampiran.pdf] Text
8. NIM 5143111015 Daftar Lampiran.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 9. NIM 5143111015 BAB I.pdf] Text
9. NIM 5143111015 BAB I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 10. NIM 5143111015 BAB II.pdf] Text
10. NIM 5143111015 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 5143111015 BAB III.pdf] Text
11. NIM 5143111015 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5143111015 BAB IV.pdf] Text
12. NIM 5143111015 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[thumbnail of 13. NIM 5143111015 BAB V.pdf] Text
13. NIM 5143111015 BAB V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 14. NIM 5143111015 DAFTAR PUTAKA.pdf] Text
14. NIM 5143111015 DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 15. NIM 5143111015 Lampiran .pdf] Text
15. NIM 5143111015 Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dasar – dasar konstruksi Bangunan dan Teknik ukur Tanah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X Program keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti yang terdiri dari 33 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan melalui lembar observasi dan wawancara dari guru sebagai kolaborator. Indicator keberhasilan adalah aktivitas belajar siswa mampu mencapai nilai >75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : taraf keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 79,00%. Sedangkan pada siklus II taraf keberhasilan aktivitas siswa sebesar 87,00%, terjadi peningkatan sebesar 08,00%. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata – rata 77,20. Sedangkan pada siklus II meningkatnya hasil belajar dengan nilai rata – rata 83,33 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah Penerapan Model Pembelajran Team Assisted Individualy (TAI) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Ukur Tanah SMK Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Team Assisted Individualy (TAI); Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Ukur Tanah
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:30
Last Modified: 12 Dec 2025 01:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65699

Actions (login required)

View Item
View Item