Tanjung, Mhd. Syamsuddin (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Drill Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133111026 COVER.pdf
Download (54kB)
2. NIM. 5133111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (224kB)
3. NIM. 5133111026 ABSTRAK.pdf
Download (71kB)
4. NIM. 5133111026 KATA PENGANTAR.pdf
Download (88kB)
5. NIM. 5133111026 DAFTAR ISI.pdf
Download (86kB)
6. NIM. 5133111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (38kB)
7. NIM. 5133111026 DAFTAR TABEL.pdf
Download (39kB)
8. NIM. 5133111026 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (38kB)
9. NIM. 5133111026 BAB I.pdf
Download (232kB)
10. NIM. 5133111026 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (681kB)
11. NIM. 5133111026 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (971kB)
12. NIM. 5133111026 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (842kB)
13. NIM. 5133111026 BAB V.pdf
Download (122kB)
14. NIM. 5133111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (62kB)
15. NIM. 5133111026 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Si Tuan belum optimal sesuai dengan standart keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode pembelajaran Drill. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 25 orang. Dari hasil penelitian aktivitas belajar pada siklus I didapatkan hasil 25 orang siswa (80%) siswa dalam kategori aktif sementara pada siklus II didapatkan hasil 25 orang siswa (100%) yang memperoleh kategori aktif maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 20% bertambah 5 orang. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus I dari jumlah 25 siswa didapatkan hasil 18 siswa (72%) dalam kategori tuntas dengan rata– rata nilai 78,8 sementara pada siklus II didapatkan hasil 25 orang siswa (100%) dalam kategori tuntas dengan rata-rata nilai 81,4 maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 28% bertambah 7 orang. Maka dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Drill untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat diterima
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aktivitas belajar; hasil belajar; metode pembelajaran Drill; menggambar dengan perangkat lunak |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 05:28 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 05:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65695 |
