Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dasar Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan

SANDI, DESSY FARADILLA (2019) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dasar Dasar Konstruksi Bangunan Dan Pengukuran Tanah pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5141111001 COVER.pdf] Text
1. NIM 5141111001 COVER.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 2. NIM 5141111001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5141111001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of 3. NIM 5141111001 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5141111001 ABSTRACT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4. NIM 5141111001 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5141111001 PREFACE.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 5. NIM 5141111001 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5141111001 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 6. NIM 5141111001 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5141111001 TABLES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7. NIM 5141111001 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5141111001 ILLUSTRATION.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 8. NIM 5141111001 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5141111001 APPENDICES.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 9. NIM 5141111001 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5141111001 CHAPTER I.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of 10. NIM 5141111001 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5141111001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 5141111001 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5141111001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM 5141111001 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5141111001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[thumbnail of 13. NIM 5141111001 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5141111001 CHAPTER V.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 14. NIM 5141111001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5141111001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 15.NIM 5141111001 ENCLOSURE.pdf] Text
15.NIM 5141111001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X Program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang terdiri dari 34 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan melalui lembar observasi dan wawancara dari guru sebagai kolaborator. Indikator keberhasilan adalah aktivitas belajar siswa mampu mencapai nilai ≥ 71 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: taraf keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,10 %. Sedangkan pada siklus II taraf keberhasilan aktivitas siswa sebesar 82,87 %, terjadi peningkatan sebesar 11,77 %. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,02 dengan persentase kelulusan 76,47 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,01 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB 1 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah di SMK Negeri 5 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Numbered Head Together (NHT); Dasar Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:43
Last Modified: 11 Dec 2025 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65688

Actions (login required)

View Item
View Item