Lestari, Asih Mugi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIF LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 101767 TEMBUNG T.A 2011- 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313034 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313034 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
108313034 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarsiswa pada pelajaran IPA pada Sub Pokok bumi dan alam semesta di kelas IVSDN 101767 Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajardan untuk menerapkan pembelajaran cooperative tipe STAD pada mata pelajaranIPA di kelas IV SDN 101767 Tembung.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari duasiklus, satu siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahap yaitu: perencanaanpelaksanaan, observasi dan ref leksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian iniadalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV ber jumlah 30yang diantaranya 16 orang laki – laki dan 14 orang perempuan di SDN 101767Tembung. T.A 2011 – 2012.Hasil penelitian pada tes awal sebelum diberikan tindakan diperoleh nilairata – rata kelas 47,67 dan 6 siswa yang tuntas belajar atau 20,00% dan siswayang tidak tuntas belajar 24 siswa atau 80,00%. Pada siklus I siswa yang tuntasbelajar meningkat menjadi 14 siswa atau 46,67% dan siswa yang tidak tuntasbelajar 16 siswa atau 53,33% dengan nilai rata – rata 61,00. Pada siklus IIdiperoleh nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 87,67 atau 100% dengantingkat keberhasilan terdapat secara keseluruhan siswa.Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa sudah tercapai baik secaraindividu maupun klasikal dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperativetipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 101767Tembung T.A 2011 – 2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Les m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Cooperatif Learning; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6567 |