KELANA, RAMLI (2019) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas VIII SMPN 27 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121142006 COVER.pdf
Download (123kB)
2. NIM. 5121142006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (641kB)
3. NIM. 5121142006 ABSTRACT.pdf
Download (113kB)
4. NIM. 5121142006 PREFACE.pdf
Download (214kB)
5. NIM. 5121142006 TABELE OF CONTENT.pdf
Download (147kB)
6. NIM. 5121142006 TABLE.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5121142006 APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 5121142006 CHAPTER I.pdf
Download (256kB)
10. NIM. 5121142006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5121142006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (954kB)
12. NIM. 5121142006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (669kB)
13. NIM. 5121142006 CHAPTER V.pdf
Download (139kB)
14. NIM. 5121142006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (230kB)
15. NIM. 5121142006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk (1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe konvensional pada materi jenis-jenis sayuran (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe picture and picture pada materi jenis-jenis sayuran (3) Pengaruh model pembelajran Kooperatif tipe picture and picture pada materi jenis-jenis sayuran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019. Lokasi penelitian di SMP Negeri 27 Medan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII sebanyak 60 orang. Sampel menggunakan metode total sampling.teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus Chie kuadrat, uji homogenitas, uji hipotesis, dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe picture and picture sebanyak 50 persen termasuk kategori tinggi. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe konvensional sebanyak 37 persen dikategorikan cukup. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah distribusi normal, dengan nilai kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe picture and picture diperoleh Xtabel kelas eksperimen sebesar 10,90. Untuk kelas kontrol diperoleh Xhitung sebesar 6,47. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung< 2,04. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar Prakarya pada materi jenis-jenis sayuran SMP Negeri 27 Medan. Artinya dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Prakarya materi jenis-jenis sayuran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kooperatif tipe picture and picture; Prakarya materi jenis-jenis sayuran |
| Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:46 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65668 |
